About Us

Microfinance For Religius and Ethnic Harmony

Creating Prosperity, Fostering tolerance

Dalam realita di masyarakat, sering kita menjumpai berbagai tindak kekerasan dan diskriminasi yang terjadi, baik di tingkat rumah tangga maupun sampai tingkat nasional.  Kekerasan ini umumnya terjadi diwilayah-wilayah di mana masyarakatnya memiliki keterbatasan akses ekonomi, pendidikan, maupun informasi, yang memudahkan terjadinya provokasi sehingga tercipta tindakan diskrimasi.

Berbagai upaya advokasi telah dilakukan, namun model advokasi yang terjadi umumnya adalah sebuah reaksi atas peristiwa yang telah terjadi, misalnya berbentuk upaya mediasi.  Jarang kita lihat upaya advokasi yang dilakukan dalam bentuk  pencegahan dan pengkondisian agar tidak tercipta kondisi yang bisa menyulut terjadinya tindak diskriminasi.

Untuk itu jelas dibutuhkan upaya strategis lainnya agar masalah dapat dituntaskan sampai keakarnya. Guna memperjuangkan prinsip dan cita-cita intelektual KH Abdurrrahman Wahid dalam mewujudkan masyarakat yang sejahtera dan berkeadilan, maka kami mencoba mengembangkan sebuah program yang langsung berdampak ke masyarakat.

Melalui pendekatan yang berbeda kami ingin mengatasi bibit intoleransi dan kecenderungan melakukan tindak kekerasan ditingkat akar rumput melalui pendekatan ekonomi dan social budaya.

TUJUAN PROGRAM:

  • Memberdayakan  kelompok tertinggal, tidak mampu, dan miskin keluar dari jeratan kemiskinan melalui program pemberdayaan ekonomi mikro.
  •  Menumbuhkan sikap menghormati perbedaan dan menebalkan sikap toleransi beragama , dalam setiap anggota kelompok serta masyarakat lainnya

VISI:

Masyarakat yang makmur sejahtera, toleran dan cinta damai.

MISI:

Memberdayakan masyarakat di tingkat akar rumput terutama kelompok tertinggal tidak mampu dan miskin secara ekonomi serta memberikan wawasan mengenai toleransi dan cinta damai.

STRATEGI PROGRAM

  • Microfinance
  •  Pengorganisasian
  • Kewirausahaan Sosial

DAERAH SASARAN:

Program ini didesain untuk mencakup skala nasional dengan penekanan pada daerah-daerah yang rawan konflik. Daerah yang di sasar merupakan wilayah-wilayah yang rentan akan konflik serta kampung-kampung miskin di Indonesia.

HUBUNGI KAMI:

Visna Vulovik
Program Cordinator Microfinance for Religious and Ethnic Harmony The Wahid Institute
Jl. Taman Amir Hamzah No 8, Jakarta 10320, Indonesia
Phone : +62 21-3928233, 3145671
Fax : +62 21-3928250
Mobile : +62 813 1918 2567
Email : visna@wahidinstitute.org
www.wahidinstitute.org or http://kocida.wahidinstitute.org

Leave a Comment